Rabu, 21 Desember 2016

4 Permainanan Untuk Mensimulasi Perkembangan Otak Anak

Salah satu kegiatan yang mampu untuk mengembangkan tingkat intelegensi dan emosional seorang anak adalah dengan cara mengajaknya untuk memainkan permainan edukasi anak. Ada berbagai jenis permainan edukasi yang bisa dimainkan oleh anak dengan tetap berada di bawah pengawasan orang tua.

Adanya pengawasan orang tua, maka tumbuh kembang anak tersebut akan berkembang secara maksimal dan tentunya kegiatan bermain tersebut juga akan lebih terarah. Berikut jenis permainan edukasi untuk anak yang bisa dimainkan bersama orang tua guna menstimulasi perkembangan daya fikir anak.


Balok lego untuk meningkatkan daya analisa
Daya analisa dari permainan balok lego didapatkan dengan mencoba untuk mengoptimalkan kemampuan dalam mengetahui sebab dan akibat. Pada  jenis permainan edukasi untuk anak ini, maka seorang anak akan menyusun balok lego tersebut hingga menjadi sebuah menara yang tinggi.
Untuk selanjutnya, anak akan mengambil salah satu bagian dari balok lego yang telah disusun hingga kemudian balok tersebut akan runtuh. Dari kejadian ini, maka anak akan berfikir atas suatu sebab dan akibat yang ditimbulkan.

Permainan berkelompok untuk meningkatkan ketrampilan social
Jenis permainan edukasi untuk anak dengan memintanya untuk bermain secara berkelompok juga membuktikan bahwa hal ini mampu meningkatkan ketrampilan social anak. Dalam hal ini, seorang anak akan menyadari akan pentingnya berbagi ataupun mengantri dalam sebuah hal ataupun kerja sama. Dalam permainan ini, anak bisa bermain berbagai jenis permainan tradisional.

Bermain peran untuk mengolah perasaan
Terkadang beberapa anak kecil akan takut ketika diajak untuk pergi ke dokter. Akan tetapi, permasalahan ini bisa dihilangkan dengan mengajaknya untuk melakukan jenis permainan edukasi untuk anak seperti bermain peran. Dalam bermain peran ini, maka seorang ibu bisa bertindak sebagai dokter yang kemudian akan memeriksa anaknya, sehingga cara ini akan menghilangkan ketakutan pada anak saat pergi ke dokter.
Bernyanyi yang akan melatih kemampuan bahasa.
Jenis permainan edukasi untuk anak yang lainnya adalah dengan mengajaknya untuk bernyanyi. Kegiatan semacam ini juga akan membantu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Pastikan anda memilih jenis lagu yang ceria dengan kata-kata yang sederhana, sehingga kosa kata anak akan semakin meningkat.
Sebagai tindakan dalam menstimulasi anak untuk mendukung tumbuh kembangnya, maka peran orang tua sangatlah penting dalam memberikan pendidikan bagi anak. Ada berbagai jenis permainan edukasi anak yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan bahasa, kecerdasan social, daya fikir serta kemampuan analisa. Beberapa jenis permainan edukasi untuk anak guna mencapai tujuan itu semua bisa anda lihat pada penjelasan di atas.